Be Yourself and Go Spirit

Assalamualaikum Wr. Wb.

 

Haiii gaiissse....

Menurut gua, "Tak kenal maka tak dekat". Karna tanpa kalian tau nama, asal maupun sedikit latar belakang kalian ga bakal tau topik apa yang akan dibahas.

Perkenalkan nama gua Sasqya biasa dipanggil Kia asal dari Bogor, tinggalnya mah di perbatasan kota-kabupaten, lebih tepatnya di Cibeureum, Dramaga. Itupun gua pindahan dari Jambi sekitar kelas 10 lah, yap umur gua sekarang 18 tahun. Hobi gua kaya cewe-cewe pada umumnya main sosmed, buka youtube, bantu ortu dan yang paling di idamankan para cewe kali ya OPPA Korea,haha…  nonton drakor atau grupband, dracin juga seru kok. Intinya itu racun dari teman-teman gua.

Niat gua pindah ke Bogor itu karna pingin masuk  IPB. Awalnya pas SMP itu gua iseng sebut gitu pingin masuk IPB kalo ditanya kuliah dimana. Seiring berjalannya waktu gua jadi pingin benaran walaupun ga yakin, gua berpikir yang penting gua usaha dulu deh demi masa depan gua. Gua sempat pindah berapa kali SMA karna merasa ga cocok sampai akhirnya gua putusin untuk netap sekolah di Bogor, kebetulan ayah dinas disana jadi gua ikut deh. Gua termotivasi dari ayah gua yang alumni IPB, pakde alumni IPB dan dosen UB, dan mas mbak gua kating IPB dan UB juga. Gua dikasih saran sama keluarga coba deh masuk UB soalnya itu ga kalah bagusnya. Otomatis gua jadi pingin coba kan, yaudah dari SMA gua niatin pingin masuk UB walaupun ga seniat pingin masuk IPB. Ini baru pingin coba loh belum pingin banget, trus kata mbak gua “selagi ada niat insyaallah ada jalan”. BismillahJ

Karna gua pindahan dari Sumatra ke Jawa, gua harus ngejar banget kan materi maupun tugas biar nilai gua cukup. Inilah kesempatan gua untuk mengembangkan kemampuan gua. Dalam diri gua terus berkata “orang lain bisa kenapa lu ga bisa, buktikan sas!!! Berjuang di pulau orang ga gampang”. Mulai dari itu gua ikut bimbel, ekskul ataupun seminar gitu. Tetapi ga serius juga diiringi dengan main-mainnya supaya ga stress. Kata ayah gua “santai saja tapi disiplin”. Maksud dari ayah gua bisa bagiin waktu antara kegiatan yang penting dengan kegiatan sehari-hari kita. Kalo ada tugas sekolah dan bimbel tetap laksanakan. Tapi jujur sih kadang gua lupa waktu untuk semua kegiatan gua itu.

Setelah gua pindah ke bogor, kalo ada waktu gitu gua sering jogging, main, ikut seminar atau antar kakak sepupu ke IPB. Otomatis gua keliling kan masuk IPB. Nah kadang itu gua sekalian sholawat terus ngomong gitu dalam hati “bismillah, kampus ku nantinya”, sampai gua pajang logo IPB dan UB di kamar terus disholawatin juga.

Singkat cerita, memahami diri sendiri itu penting karena dengan memahami diri sendiri kita menjadi tahu akan kekurangan serta kemampuan kita. Makin lama tu gua makin ngerti kan kemampuan gua gimana. Waktu itu gua sering sakit jadi banyak ga sekolahnya. Seketika gua ngerasa harapan gua hilang dan gua ga terlalu berharap lagi. Yang dipikiran gua cuma “jalanin aja deh yang terjadi”. Yaa pasrah duluan guys.

Nahh tiba saatnya pas penentuan kuota SNM, ga nyangka gua masuk dong. Teman-teman gua yang serombongan pada kasih tau. Disitu gua langsung sujud syukur walaupun cuma kuota SNM. Padahal pas itu gua lagi demam tinggi atau apa lah gitu lupa intinya lagi sakit parah L. Setelah sehat dan kembali beraktifitas, akhirnya masuk sekolah  gua langsung konsul tu ke guru BK. Ada pesan yang gua dapat dari beliau “jangan lupa tanya orang tua mu mereka pingin kamu jadi apa dan yakinkan mereka dengan pilihan mu itu karna ridho orang tua sangat penting”. Pokoknya perbanyak doa dan solat jangan lupa minta pendapat sama guru, ortu maupun mas mba yang sudah kuliah sebaiknya gimana. Dengan keyakinan yang kuat, BISMILLAH insyaallah allah permudahkan. Gua pasti bisa!!!

Aku sempat merana, tiba-tiba gua pingin di UNDIP, UNSOED sama UNRI. Gua milih itu karna ada FPIK. Orang tua kaget sih gua pilih itu bukan FAHUTAN soalnya keluarga gua orang kehutanan semua. Aku coba tanya terus ke mereka sampai akhirnya “bismillah, semoga itu pilihan yang terbaik”. Alhamdulillah gua dapat ridho dan ga lupa selalu minta doa dari mereka.

Pengumuman SNM pun tiba. Saat itu lagi bulan puasa dan kebetulan aku lagi di Jambi kumpul bareng keluarga gitu. Ga sabarrr…

Ehh pas hari H taunya ada masalah:”(. Aku lupa nomor pendaftarannya. Aku cari-cari di hp dan laptop ga ada, coba tanya sekolah katanya sabar dulu. Minta tolong tetangga dia teman aku untuk cek dirumah katanya ga ada juga. Aku pasrah..

Gua curhat ke kakak sepupu gua sampe nangis. Disitu gua cuma bisa nunggu, berdoa, ngaji dan istigfar terus sampe sore. Mendekati buka puasa, tiba-tiba kakak sepupu gua spam chat pake emot nangis, gua heran kan trus gua tanya “ada apa kak?”. Dia bilang “KIAAAA, LULUS di UB, SELAMAT YAA” pake emot nangis dan senang gitu. Gua ga percaya dong dia tau dari mana, ehh ternyata dia inisiatif minta link ke temannya yg di UB. Langsung gua cek tu karna ada nomor pendaftarannya, pas gua cek ternyataa benar. Ya Allah disitu aku nangis banget, syujud syukur trus langsung kasih tau orang tua. Alhamdulillah gua buat mereka senang dan terharu. Perjalanan gua belum sampai disini, masih banyak yang harus lalui.

 

“Janganlah pernah menyerah ketika Anda masih mampu berusaha lagi. Tidak ada kata berakhir sampai Anda berhenti mencoba”

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mental Health